Tips Jitu Membuat Kelinci Cepat Berkembangbiak

Tips Jitu Membuat Kelinci Cepat Berkembangbiak

Salah satu jenis usaha yang saat ini menawarkan keuntungan yang cukup menggiurkan adalah ternak kelinci misalnya kelinci flemish giant. Terlebih lagi saat ini permintaan pasar terhadap kelinci semakin meningkat. Namun, keberhasilan ternak kelinci sangat tergantung pada faktor perkembangbiakan kelinci.

Semakin kelinci cepat berkembang biak, maka usaha ternak kelinci semakin sukses dan berkembang dengan sangat pesat. Agar kelinci cepat beranak, ada beragam hal yang harus diperhatikan dengan baik.

Sebagai peternak kelinci, Anda harus memahami terlebih dahulu jika peran kelinci jantan dalam proses perkawinan agar kelinci cepat beranak sangatlah penting. Hal ini dikarenakan kelinci jantan sangat berkaitan untuk memberikan keturunan yang baik dan menentukan kualitas hidup kelinci nantinya.

Oleh sebab itu, menjaga kualitas dan kesehatan dari kelinci jantan sangat perlu dan penting. Untuk kelinci jantan dengan kondisi yang sehat bisa digunakan untuk tiga hingga empat kali proses perkawinan dengan kelinci betina yang berbeda.

Akan tetapi, sebaiknya tidak mengawinkan kelinci jantan berkali-kali lebih dari jumlah wajar karena akan dapat merusak daya kawin kelinci sehingga berakibat tidak bisa melakukan perkawinan dengan baik.

Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan fisik dari kelinci jantan, karena dapat mempengaruhi vitalitas dan kesuburan kelinci tersebut. Berikut ini langkah-langkah agar kelinci cepat beranak:

Perhatikan Usia Ideal Kelinci

Sebelum mengawinkan kelinci, perhatikan terlebih dahulu usia masing-masing kelinci jantan dan betina. Kelinci dikatakan sudah siap untuk melakukan perkawinan jika sudah berusia 4 hingga 12 bulan.

Perhatikan Kesehatan Kelinci

Kesehatan kelinci tidak hanya mengacu pada asupan makanan atau gizi yang diberikan, namun juga harus memperhatikan kualitas fisik dan kesehatan yang prima.

Waktu Yang Tepat Untuk Kawin

Mengawinkan kelinci memang bukan perkara yang sulit, namun tetap harus memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Disarankan untuk mengawinkan kelinci sebanyak dua kali dalam satu bulan. Dan dilarang untuk mengawinkan kelinci yang sedang hamil.

Perhatikan Kondisi Lingkungan

Dukungan lingkungan yang baik dan nyaman bagi kelinci akan sangat mempengaruhi hasil perkawinan itu sendiri. Beberapa penelitian juga membuktikan jika masa subur kelinci adalah pada bulan dingin atau musim panas dengan kelembapan yang tinggi.

Perhatikan Proses Pertemuan Kelinci Jantan dan Betina

Untuk satu kandang, Anda bisa mengisi dengan 1 kelinci jantan dan sembilan atau sepuluh kelinci betina. Namun jangan pernah menggabungkan beberapa pasang kelinci dalam satu kandang.

Itu dia beberapa langkah untuk mengawinkan kelinci agar cepat cepat beranak. Disarankan untuk selalu mengecek apakah proses kawin yang dilakukan berhasil atau tidak. Jika berhasil maka dalam beberapa minggu kelinci betina pasti akan terlihat lebih besar.