Tips Berjualan Online Melalui Media Sosial

Tips Berjualan Online Melalui Media Sosial

Media sosial memang sudah semakin kompleks fungsinya. Tak hanya sebagai sarana komunikasi dan interaksi saja melainkan sudah beralih ke fungsi untuk berjualan. Maka bagi yang ingin berjualan online dengan modal terbatas, media sosial bisa menjadi pilihan menarik.

Banyak sekali cara yang bisa anda coba dalam berjualan di media sosial seperti memasarkan jasa service AC Jakarta. Bahkan beberapa online shop berhasil meraup ratusan juta rupiah hanya dengan promosi di medsos. Tentu saja kita bisa mengikuti jejak mereka.

Dengan cara-cara yang tepat, media sosial pun akan menjadi ladang menyenangkan untuk berjualan. Anda bisa mencoba memulainya dengan memilih teman dan followers potensial. Layaknya sebuah pasar, tentu saja kita mesti memilih pangsa pasar yang sesuai dengan apa yang kita jual.

Selain itu, foto hingga berbagai konten yang mendukung juga wajib kita pastikan kualitasnya. Nah jika anda penasaran apa saja tips selengkapnya, berikut ulasannya dalam berjualan melalui media sosial.

Tips Berjualan Melalui Media Sosial

1. Pilih teman dan followers potensial

Pastikan akun jualan online anda memiliki pertemanan dan followers yang potensial. Misalnya jika anda berjualan jilbab atau baju muslim wanita, sebaiknya teman dan followers adalah akun-akun yang berpotensi membeli produk tersebut.

Jika dari followers atau pertemanan saja tidak sesuai, promosi pun akan menjadi lebih sulit karena tidak tepat sasaran.

2. Posting dalam waktu yang tepat

Umumnya orang-orang membuka media sosial di jam pagi, makan siang, dan prime time. Pastikan postingan jualan anda dilakukan di waktu-waktu tersebut.

Hal ini akan membuka kemungkinan apa yang anda post akan terbaca dan diakses lebih banyak orang. Jadwalkan posting secara teratur dan pastikan tidak melakukan spaming agar anda tidak ditinggalkan followers.

3. Selingi postingan

Banyak online shop media sosial yang ditinggalkan followersnya. Hal ini disebabkan karena postingannya menjemukan. Maka tidak ada salahnya menyelingi postingan dengan foto-foto di luar konteks jualan.

Misalnya meme, quotes, atau sekedar postingan jokes. Selain lebih menarik, anda pun akan meningkatkan interaksi dengan followers atau teman di media sosial.

4. Testimonial

Berjualan online sangat tergantung dengan testimoni. Testimoni akan membuat jualan kita dinilai terpercaya. Selain itu, konsumen juga akan lebih percaya karena sudah ada bukti nyata dari konsumen sebelumnya.

Maka jangan sampai lupa bubuhkan testimoni real dari jualan anda. Dengan cara ini kita pun bisa menyelipkan konten promosi secara lebih menarik.

5. Maksimalkan interaksi

Tak hanya foto bagus saja. Berjualan di media sosial membutuhkan interaksi yang kuat. Mulai dari membubuhkan like, komentar, dsb.

Semakin banyak anda berinteraksi dengan sesama folllowers dan teman maka postingan anda akan lebih banyak dilihat dan selalu menduduki bagian atas.

Algoritma inilah yang membuat anda mesti memaksimalkan interaksi agar berjualan menjadi semakin sukses dan mendulang banyak keuntungan.

Demikian beberapa cara berjualan melalui media sosial agar berhasil dan mendulang banyak penghasilan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.