Ternyata Pembalut Memiliki 4 Fakta Miris Seperti Ini

Salah satu benda yang juga paling lumrah dijual di Indonesia adalah pembalut menstruasi untuk wanita. Ya benda ini nyatanya memang sangat nyaman digunakan oleh para perempuan Indonesia.

Dibandingkan dengan mentrual cup dan juga tampon, pembalut memang lebih sering digunakan oleh perempuan Indonesia.

Makanya di warung – warung pun banyak yang menjual yang namanya pembalut. Nah kita harus mengetahui fakta menarik mengenai pembalut. Ini dia :

  1. Pada pembalut terdapat plastik yang sulit terurai

Perlu diketahui bahwa pembalut bukan hanya terbuat dari kapas tapi juga terbuat dari plastik. Bahkan bisa dibilang hampir 90% bahan pembalut adalah plastik.

Untuk tampon justru presentase plastiknya lebih sedikit yaitu sekitar 6% saja yang terdapat pada talinya dan juga aplikator tampon.

  1. Berapa banyak pembalut yang dihasilkan tiap 1 orang ?

Coba bayangkan dan hitung berapa banyak pembalut yang digunakan oleh perempuan di Indonesia. Misalkan saja dalam 1 hari kita menggunakan 4 kali pembalut, kira – kira berapa kali pembalut yang digunakan sampai haid tersebut selesai? Jelas pasti banyak sekali bukan?

Makanya tak heran bahwa setiap tahunnya negara kita menghasilkan jutaan pembalut yang kita ketahui sangat sulit untuk bisa terurai.

  1. Bahan kimia pada pembalut berbahaya

Taukah kamu bahwa pada pembalut itu terdapat zat kimia berbahaya. Dan beberapa pembalut juga dilengkapi dengan wewangian yang mana wewangian tersebut pun dibuat dengan campuran bahan kimia.

Makanya sebaiknya kita lebih mengenal betul pembalut yang kita gunakan. Pastikan bahwa pembalut kita tidak menyebabkan efek samping apa – apa jika sering kita gunakan.

  1. Limbah pembalut banyak terbuat ke laut

Ya ini adalah kenyataan yang tidak bisa kita sangkal. Nyatanya memang banyak sekali sampah pembalut yang mengalir sampai ke laut.

Nah buat kamu yang memiliki kebiasaan buang limbah pembalut ke kloset atau atau bukan ke dalam tempat sampah fiberglass sebaiknya segera dihentikan, karena malah bisa membuat selokan tersumbat, dan kalo pun terbawa air selokan lalu ke sungai, pasti ujungnya akan ke laut.

Itulah fakta yang perlu kita ketahui mengenai pembalut. Senyaman apapun benda yang kita gunakan, tetap kita harus mengetahui betul apakah benda tersebut sangat aman atau tidak untuk kita gunakan.