Dampak Kerusakan Rayap dan Penanganan yang Dilakukan Jasa Anti Rayap

Dampak-Kerusakan-Rayap-dan-Penanganan-yang-Dilakukan-Jasa-Anti-Rayap

Rayap masih menjadi pengganggu dan juga pengrusak furnitur kayu. Tidak jarang keberadaan rayap ini baru diketahui ketika sudah terjadi dampak kerusakannya. Untuk menangani serangan rayap tersebut, jasa anti rayap memberikan pilihan penanganan berdasarkan lama waktu yang diperlukan.

Dampak dan Penanganan Kerusakan Akibat Rayap

Sebagai hama yang sangat mengganggu, jika rayap ini dibiarkan saja maka akan menimbulkan dampak kerusakan. Berikut adalah dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh serangan beberapa jenis rayap.

  1. Rayap tanah

Jenis rayap tanah ini memakan kayu dari bawah hingga ke atas dan juga melewati sub-struktur bangunan. Dampak kerusakan yang ditimbulkan adalah adanya kerusakan pada kayu. Kayu yang mengalami kerusakan ini memiliki terowongan berongga yang ada di sepanjang serat kayu. Selain itu, ditemukan juga tabung lumpur di sekitarnya.

  1. Rayap kayu kering

Rayap kayu kering ini biasanya membangun koloni dengan memasuki struktur bangunan melalui garis atap dan kayu yang terbuka. Dampak kerusakan yang ditimbulkan adalah terjadinya penipisan kayu yang membentuk struktur garis atap.

Selain itu, ditemukan juga kotoran rayap kayu atau frass di sekitar kayu yang rayap tinggali. Frass ini memiliki bentuk seperti butiran granular dan warna yang bervariasi. Adanya frass ini juga bisa membuat pintu ataupun jendela menjadi sulit dibuka.

  1. Rayap kayu basah

Rayap kayu basah ini menyukai tempat yang lembap dan juga basah. Kebocoran air pada bangunan bisa membuat kayu di sekitarnya lembap dan basah yang akan membuat rayap betah menempati tempat tersebut.

Hal ini bisa menyebabkan kayu yang terkena air mudah rusak dan menjadi berkurang kekuatannya karena menjadi tipis akibat dimakan juga oleh rayap.

Tentunya jasa anti rayap punya cara tersendiri dalam menangani dampak kerusakan yang ditimbulkan. Penanganan tersebut biasanya dilakukan untuk jangka waktu yang pendek ataupun jangka waktu yang panjang.

  • Jangka waktu pendek

Dalam jangka waktu yang pendek, penyedia jasa membasmi rayap biasanya melakukan cara pembasmian yang disebut dengan “contact killing”. Hal ini dilakukan sebagai penanganan pada titik tertentu yang terkena serangan rayap. Oleh karena penanganan ini dilakukan dalam jangka pendek, maka perlu dilakukan penanganan berulang kali ketika rayap sudah mulai muncul.

  • Jangka waktu panjang

Penanganan rayap dalam jangka waktu yang panjang tidak bisa dilakukan secara instan. Penanganan ini dilakukan untuk menghilangkan rayap secara tepat. Cara yang dilakukan biasanya dengan melakukan monitoring disertai dengan umpan rayap.

Itulah beberapa dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh jenis rayap yang berbeda. Disertai juga pilihan penanganan rayap oleh jasa anti rayap berdasarkan jangka waktunya.